Gunung Merbabu Via Selo Boyolali



Pendakian Gunung Merbabu via Selo Boyolali


Gunung Merbabu merupakan gunung tertinggi ke 5 di Jawa Tengah. Berada di 3 wilayah yaitu Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Semarang.
Gunung Merbabu adalah salah satu gunung yang terkenal bagi para pendaki gunung di Indonesia, terutama karena keindahan bunga edelweis dan panorama yang indah yang akan kalian dapat saat mendaki gunung ini.

Terdapat 5 jalur pendakian yang dapat dipilih untuk mendaki Gunung Merbabu :
1.       Jalur Selo (Boyolali)
2.       Jalur Wekas (Magelang)
3.       Jalur Cunthel (Magelang)
4.       Jalur Thekelan (Magelang)
5.       Jalur Suwanting (Magelang)

Hari itu (8/7/2014) sangatlah cerah. Saya dan ketiga teman saya berniat menaklukkan Gunung Merbabu via Selo, Boyolali. Kami menuju basecamp di Selo menggunakan kendaraan pribadi (motor) karena memang tidak terlalu jauh dari kota kami tinggal. Namun jika kalian datang dari jauh (menggunakan transportasi umum) kalian bias turun di Terminal Boyolali lalu naik angkutan tujuan selo, turun di polsek Selo, lalu kalian bisa naik ojek atau cari tumpangan lain turun basecamp pendakian Gunung Merbabu.
Setelah sampai di basecamp dapat langsung melakukan pendaftaran dengan biaya Rp 10,000 per orang (kalau belum berubah) dan biaya parkir motor Rp 5000 per motor (kalau belum berubah).

Basecamp – Pos 1(Dok Malang)
Perjalanan dimulai dari basecamp ke pos 1 atau Dok Malang. Kalian akan melewati gerbang pendakian. Jalur yang kita lalui dari Basecamp sampai pos 1 merupakan jalur datar dengan sedikit menanjak, kalian akan ditemani pemandangan hutan pinus diawal dan hutan hijau sampai di pos 1 (Dok Malang) dengan estimasi waktu kurang lebih 2 jam perjalanan.




Pos 1 – Pos 2 (Pandean)
Selepas Pos 1 menuju Pos 2 perjalanan dimulai dengan jalur yang masih landai dengan sedikit tanjakan yang membentang di tengah hutan tropis yang udaranya sejuk. Di tengah perjalanan kalian akan menemukan pos bayangan. Sebelum pos bayangan ada tanjakan yang cukup terjal dan ini adalah trek terberat selama perjalanan menuju Pos 2. Estimasi waktu untuk sampai di pos 2 sekitar 1 jam perjalanan.


Pos 2 – Pos 3 (Watu tulis)
Perjalanan dilanjutkan menuju Pos 3 (Watu tulis) yang kali ini jalur pendakian sudah mulai terbuka dan sudah mulai sedikit menanjak dan cukup menguras tenaga. Disini kita sudah bisa menyaksikan pemandangan lembah pegunungan dan bunga edelweiss yang tumbuh di lereng gunung.
Pos 3 ini berupa tanah datar yang cukup luas. Di pos ini pendaki bisa mendirikan tenda. Disini medannya terbuka sehingga angin akan berhembus kencang karena tidak adanya pohon. Pemandangan di Pos 3 ini sangat indah dengan view Gunung Merapi yang berada di sebelah selatan saat cuaca cerah. Estimasi waktu dari pos 2 ke pos 3 sekitar 1 jam perjalanan.



Pos 3 – Pos 4 (Sabana 1)
Lanjut ke Pos 4 atau biasa dinamai Sabana 1. Perjalanan dari pos 3 ke pos 4 adalah perjalanan yang paling berat menurut saya. Kalian harus bisa menjaga keseimbangan tubuh karena jalur yang menanjak dengan kemiringan bisa mencapai lebih dari 60 derajat dan ditambah licinnya jalur yang berupa tanah merah. Akan tetapi kalian akan disuguhi pemandangan deretan bunga edelweiss dari atas ke bawah dan juga indahnya bukit-bukit sejauh mata memandang.
Sesampainya di pos 4 kalian bisa mendirikan tenda karena memang tedapat lahan datar yang luas dan hanya ada beberapa pohon saja. Estimasi waktu dari pos 3 ke pos 4 sekitar 2 jam perjalanan.







Pos 4 – Pos 5 (Sabana 2)
Perjalanan dilanjutkan menuju pos 5 yang dinamai sabana 2, berupa padang sabana yang cukup luas dan bisa untuk mendirikan tenda karena sabana 2 juga pos terakhir sebelum puncak gunung merbabu via Selo. Dari pos 4 ke pos 5 kalian akan menuruni bukit lalu menaiki bukit lagi tapi tidak terlalu menanjak seperti perjalanan pos 3 ke pos 4. Di pos 5 ini kalian dapat melihat keindahan sabana 1 dari atas bukit. Estimasi waktu dari pos 4 ke pos 5 sekitar 1 jam perjalanan.



Pos 5 – Puncak Kenteng Songo
Perjalanan dari pos 5 ke puncak cukup menguras tenaga karena trek yang bervariasi dari menuruni bukit hingga menanjak. Sebelum mencapai puncak kalian akan melewat daerah bernama Watu lumpang. 
Di Watu Lumpang kalian bisa mendirikan tenda juga, tetapi saran saya lebih baik mendirikan tenda di sabana 1 atau 2 saja agar tenaga kalian tidak terkuras dan kecapekan. Estimasi waktu dari pos 5 ke puncak sekitar 2 jam perjalanan. 


          Gunung merbabu mempunyai 3 puncak yaitu puncak Kenteng Songo yang berada di tengah (3.142 Mdpl), Triangulasi yang berada di kiri (3.142 Mdpl), dan puncak Syarif yang berada di kanan (3.119 Mdpl). Tetapi puncak kenteng songo menurut saya yang paling indah karena disana kalian bisa mendapat view gunung Merapi untuk kalian abadikan dengan berfoto bersama kawan-kawan. 

Sedikit info, kalau ingin mendaki gunung Merbabu via Selo temen-temen jangan lupa membawa perbekalan yang cukup karena tidak ada mata air di jalur pendakian via Selo ini guys. Tetap berhati-hati dan selalu menjaga kesehatan, kebersihan serta tidak merusak apapun yang ada di Gunung Merbabu maupun gunung lainnya yang kalian datangi. Selalu menjaga tutur kata dan kesopanan, kita juga harus menghormati alam guys. Dan yang terpenting, jangan lupa berdoa.
Puncak Hanyalah Bonus. Kembali ke Rumah dengan Sehat & Selamat adalah Tujuan Utamamu Saat Mendaki.


 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Berpidato dan Membuat Pidato Sederhana